Rangkuman Modul Guru Pembelajar Kompetensi G Komunikasi Pembelajaran

MODUL GURU PEMBELAJAR
PEDAGOGIK

KELOMPOK KOMPETENSI G

“Komunikasi Pembelajaran”

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Kemampuan berkomunikasi menjadi mutlak bagi setiap manusia. Kehidupan akan sangat sulit bila kemampuan ini tidak dimiliki. Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berhubungan dengan manusia lain. Berhubungan dengan manusia lain berarti berinteraksi dan beinterelasi. Hal itu akan lebih sempurna dan bermakna jika diiringi dengan kemampuan berkomunikasi bagi anggota masyarakat. Bahkan ada yang mengatakan, kehidupan itu sendiri adalah komunikasi, tanpa komunikasi kehidupan nyaris tidak ada. Atau sekurang-kurangnya kehidupan itu akan hambar dan tanpa makna jika komunikasi tidak ada. Pada zaman modern ini, kemampuan berkomunikasi menjadi mutlak dimiliki oleh semua orang.
Ditinjau dari prosesnya, pendidikan adalah komunikasi dalam arti kata bahwa dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas manusia, yakni guru sebagai komunikator dan peserta didik sebagai komunikan atau sebaliknya. Komunikan dan komunikator bisa pula terjadi antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya. 
Komunikasi yang didambakan setiap orang adalah komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang berdayaguna dan berhasilguna. Komunikasi ini memiliki kemampuan yang ampuh untuk menciptakan interaksi bermakna antarindividu, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Oleh karena itu, komunikasi efektif diperlukan bagi setiap individu di dalam kelompoknya dan bagi kelompok di tengah kelompok lain. Jadi, kemampuan berkomunikasi yang sangat dibutuhkan pada hakikatnya adalah komunikasi yang efektif. Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh efektif tidaknya komunikasi yang terjadi di dalamnya. Komunikasi efektif dalam pembelajaran merupakan proses transformasi pesan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi dari pendidik kepada peserta didik, dimana peserta didik mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, sehingga menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menimbulkan perubahan tingkah laku menjadi lebih baik. Guru adalah pihak yang paling bertanggungjawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran, sehingga mereka dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Kegiatan pembelajaran merupakan proses transformasi pesan edukatif berupa materi belajar dari sumber belajar kepada pembelajar. Dalam pembelajaran terjadi proses komunikasi untuk menyampaikan pesan dari pendidik kepada peserta didik dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Dengan demikian keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektivitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut. Dalam proses pembelajaran, komunikasi digunakan untuk menyampaikan pesan, baik itu berupa ilmu pengetahuan maupun teknologi. Berhasil tidaknya informasi yang disampaikan kepada para peserta didik sangat ditentukan oleh keefektifan komunikasi. Untuk menciptakan proses komunikasi yang efektif, pendidik harus memahami seluk beluk komunikasi pembelajaran, antara lain mengenai metode yang tepat dalam komunikasi pembelajaran, strategi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dalam pembelajaran, serta yang tak kalah pentingnya adalah mengenai hambatan yang seringkali muncul dalam komunikasi pembelajaran. Tidak cukup hanya mengetahui dan memahami hal-hal tersebut, pendidik juga harus mampu menerapkan metode komunikasi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran dan strategi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dalam pembelajaran. Selain itu, pendidik juga harus mampu mengantisipasi dan mengatasi hambatan komunikasi, baik yang berasal dari peserta didik maupun pendidik itu sendiri. Maka dari itu, hal-hal tersebut penting sekali untuk dibahas dan dikaji.

B. Tujuan
Secara umum bahan ajar ini bertujuan untuk: 7.1 Memahami konsep dan prinsip komunikasi efektif dalam pembelajaran
7.1.1 Mengemukakan konsep dan prinsip komunikasi
7.1.2 Mengemukakan konsep dan prinsip pembelajaran
7.1.3 Mengemukakan konsep komunikasi efektif dalam pembelajaran
7.2 Memahami strategi, model, metode, dan teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran
7.2.1 Mengemukakan strategi dan model komunikasi pembelajaran berdasarkan teori belajar
7.2.2 Mengemukakan metode dan teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran
7.2.3 Mempraktikkan komunikasi efektif dalam pembelajaran
7.3 Mengatasi hambatan pelaksanaan komunikasi efektif dalam pembelajaran.
7.3.1 Mengidentifikasi hambatan komunkasi efektif.
7.3.2 Menemukan solusi atas hambatan yang ditemukan dalam komunikasi efektif.

Peta Kompetensi
Berikut ini disajikan pemetaan materi komunikasi efektif dalam pembelajaran yang tertuang dalam modul ini.


D. Ruang Lingkup
Modul ini membahas komunikasi efektif dalam pembelajaran dengan ruang lingkup sebagai berikut ini.
1. Konsep dan prinsip komunikasi efektif dalam pembelajaran
2. Strategi, Model, Metode, dan Teknik komunikasi efektiif dalam pembelajaran
3. Hambatan komunikasi efektif dalam pembelajaran

E. Strategi Penggunaan Modul
Modul ini digunakan sebagai bahan untuk peningkatan kompetensi guru melalui Diklat PKB. Modul ini dapat digunakan sebagai bahan diklat dalam bentuk tatap muka dan dapat pula sebagai bahan belajar mandiri bagi guru yang berkeinginan mengembangkan kompetensinya.
Dalam kegiatan tatap muka modul ini dapat digunakan sebagai bahan berdiskusi sesama peserta di bawah kordinasi narasumber.
Rangkuman selengkapnya tentang Rangkuman Modul Guru Pembelajar Kompetensi G Komunikasi Pembelajaran dapat di download disini

Atrikel Terkait

Previous
Next Post »