Modul Guru Pembelajar I Pemanfaataan Hasil Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran

MODUL GURU PEMBELAJAR
PEDAGOGIK

Kompetensi I

“Pemanfaataan Hasil Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran”



PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Kegiatan peniaian dan evaluasi pembelajaran selalu dilakukan pendidik untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kompetensi oleh peserta didik. Hal ini dilakukan sebagai rasa tanggung jawab yang harus menyampaikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran kepada pemangku kepentingan di satuan pendidikan (sekolah). Padahal manfaat hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran tidak hanya itu.
Hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan tindakan remideal dan pengayaan. Namun harus ditinjau dulu dari nilai ketuntasan belajar, apakah pencapaian kompetensi peserta didik sudah memenuhi atau belum. Bila sudah memenuhi, akan dilakukan tindakan pengayaan. Namun bila masih belum memenuhi ketuntasan belajar, peserta didik harus memperoleh tindakan remedial.
Menyadari betapa pentingnya pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran bagi pendidik, maka modul “Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran” ini disiapkan. Hal ini dilakukan agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat secara berkesinambungan. Peningkatan kompetensi pendidik saat ini, adalah untuk menjamin pencapaian kompetensi peserta didik secara maksimal.

B. Tujuan
Secara umum tujuan pembelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta pendidikan dan latihan tentang pemanfaatan hasil penilaian dan hasil pembelajaran.

C. Peta Kompetensi
    POSISI MODUL

Pemanfaataan Hasil Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran
..... Selengkapnya ....Modul Guru Pembelajar I Pemanfaataan Hasil Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran dapat didownlod disini

Atrikel Terkait

Previous
Next Post »